Selasa, Maret 17, 2009

CATATAN Rapat Panitia HPS KWI, 12 Maret 2009

Berikut Tanggapan atas draft Tema HPS KWI 2009 pada Rapat Panitia HPS KWI di Wisma Kemiri Jakarta:

  1. Perlu dijelaskan perbedaan antara Ketahanan Pangan dan Kedaulatan Pangan.
  2. Perlu penegasan dalam kaitan HPS dalam tugas Gereja untuk memelihara kehidupan, mengembangkan solidaritas. Dari Tugas ini Gereja harus memberikan pelajaran iman.
  3. Gerakan HPS tidak sama dengan HPS pemerintah yang lebih bersifat teknis. Pembangunan kesadaran iman akan membentuk perilaku manusia yang menghargai kehidupan.
  4. Bagaimana tema/gagasan kedaulatan pangan dicermati dan dipahami secara pastoral dan menjadi “Messages” agar tercipta gerakan iman yang membangun dunia baru.
  5. Peran mitra HPS KWI perlu menjabarkan suatu kabar baru menurut tugas dan perhatiannya masing masing.
  6. Perlu disain baru dalam mengembangkan kerjasama yang selalu dikomunikasikan agar “messages” sampai kepada masyarakat.
  7. Ketersediaan pangan dalam keluarga tidak bisa dilepas peran perempuan, termasuk upaya dalam pemahaman berbagai bentuk pangan local.
  8. HPS menjadi “Warta Iman”: berkaitan dengan tanah (tanah yang memberi) – manusia (manusia yang mengelola) – Allah yang menyelenggarakan kehidupan.
  9. HPS merupakan penyadaran kristiani mengenai pangan. Komsos akan memformat agar “message” agar bisa disampaikan pada umat.

10. Spritualitas iman yang dikaitkan dengan persoalan dunia yang diberikan beberapa usulan untuk mengatasi persoalan tsb.

11. Sosialisasi menjadi tugas kerjasama antara mitra HPS.

12. Kesadaran pada pemeliharaan kehidupan memang perlu dijabarkan dalam hal-hal yang teknis.

13. Secara umum, gerakan HPS gereja katolik memang disertai dengan perayaan iman, untuk itu tema dikemas agar pimpinan gereja (Uskup) mampu meneruskan “messages”.

14. Perlu pencitraan agar pemahaman membangun Ketahanan Pangan/Kedaulatan Pangan sama halnya “Membangun Ekaristi”.

15. Kita tidak datang sebagai politisi ataupun praktisi namun sebagai penggerak kesadaran yang membangun gerakan yang memberikan kegembiraan bagi semua orang, terutama yang berkaitan dengan kebutuhan primer manusia. Sama halnya symbol perayaan ekaristi sebagai perayaan akan kebutuhan primer iman kristiani.

16. Perlu ada semacam petunjuk/langkah-langkah dalam upaya pewartaan gerakan HPS.

17. Perlu dicermati agar gerakan HPS mengarah pada penghargaan petani sebagai produsen pangan. Kita tidak akan mengajari mereka tentang pangan, tetapi hadir sebagai persahabatan yang saling menyemangati.

18. Mohon disediakan bahan untuk konperensi Uskup Regio NTT (29 Maret 2009) yang memfokuskan masalah pangan.

1 komentar:

  1. Jarak Wulung yg gambarnya http://flora-sutamto.blogspot.com/2010/06/jarak-wulung.html, msh mudah ditemukan di wilayah kami desa Trangkil, kec. Trangkil, Kab. Pati.
    Jika memerlukan buah jarak wulung tsb, sy siap untuk mengantarkan sampai menemukan buah tsb.

    Silahkan hubungi lwt email sy pd blog tsb (klik Email Us) pada sidebar kanan atas.....Nuwun.

    BalasHapus